Sejarah

SEJARAH SINGKAT BERDIRINYA ORGANISASI PEJUANG SIIWANGI NDONESA

 

Atas dasar catatan catatan dan pengalaman pribadi. Mohon maaf sebesar-besarnya bila dalam uraiannya banyak kekurangan dan tidak lengkap

 

1. Didirikannya sebuah perkumpulan P.S.PENCAK SILAT, dirintis oleh seorang tokoh yang bernama R.Ama Poerdiredja dengan para sahabatnya yang merupakan tokoh-tokoh Perilatan dan para Ulama, pada tanggal 2 Juli 1922 di Sagalaherang, Kabupaten Subang jawa Barat dab berbaur juga dengan kalangan tokoh-tokoh pergerakan politik, dengan tujuan dan mempunyai cita-cita (ideology) menuju Indonesia Merdeka, terlepas dari jajahan Belanda yang sudah menjajah Indonesia selama 350 tahun atau 3 ½ abad.

2. Untuk menghindarai incaran aparat-aparat Belanda (reserse-reserse), yang menyelidiki setiap gerakan-gerakan dan perkumpulan perkumpulan, selalu diselidiki keberadaanya karena khawatir ada hubungannya dengan gerakan-gerakan/para tokoh yang bergerak secara diam-diam dengan system gerakan dibawah tanah (Underground Act), maka para tokoh setuju mengadakan PERKUMPULAN PECNCAK SILAT atau dalam bahasa sunda disebut MAENPO. Yang diajarkan antara lain adalah:

a. Masalah kanuragan ajaran silat bela diri, dan

b. Memberikan ajaran pendidikan rohani mengenai ajaran agama silam dan mendalami ajaran kebatinan yang berkiblat pada Kitab Suci Al-Qur’an dan Sunnah Rasul MUHAMMAD S.A.W

3. Rd. Ama Poeradiredja bersama-sama muridnya berkeliling ke daerah-daerah terutama daerah Jawa Barat, Banten, Pandeglang, Serang dan Keraha Periangan timur, daerah Pantura karawang sampai Cirebon, untuk mengadakan Konsolidasi dan komunikasi antara kawan pergerakan secara diam-diam, sampai Perang Dunia II dan Belanda menyerah kepada Jepang.

4. Pada jaman penjajahan Jepang, Rd Ama Poerdiredja terus mengadakan penggalangan dan selalu mengadakan kontak dengan para tokoh pergerakan secara diam-diam, karena beliau yakin bahwa pada suatu saat Indonesia pasti merdeka dan menurut ramalan Joyoboyo Pemerintah Jepang hanya memerintah hanya seumur jagung atau 3 ½ tahun.

5. Pada saat itu Rd. Ama Poeradiredja bertemu dengan tokoh yang juga mempelajari ajaran beliau, yaitu Bapak Taris dan bapak Sumarhap. Kedua tokoh tersebut memperkenalkan 2 orang pemudayang bernama : sadiokin, dan Darsono. Kedua pemuda itu sebeneranya adalah dari pasukan Heiho yang bermarkas di Tangsi Penggorengan, kemayoran Gempol Jakarta pusat bagian Pangkis Udara Sai Sun Tjuai –Dai Itji Tkusyu, Bukutai, Jakarta. Kedua pemuda ini selanjutnya menjadi murid Rd. Ama Poeradiredja.

6. Dari pemuda Sadikin dan Darsono banyak mendapat informasi-informasi penting mengenai kekuatan jepang diAsia Timur Raya. Kemungkinan besar Jepang akan mengalami kekalahan dalam peperangannya, karena kekuatan persenjataanya tidak seimbang.

Sebelum Jepang kalah perang, Rd Ama Poerdadiredja menyerahkan Bendera Merah Putih dan memberikan amanat agar disimpan baik-baik juangan sampai ketahuan oleh mata-mata Jepang (kempetai).

 

Pada tanggal 14 Agustus 1945 kedua pemuda ,Sadikin dan Darsono memberikan kabar berita, bahwa jepang sudah menyerah pada sekutu, kedua pemuda ini langsung diperntahkan oleh Rd. Ama Poeradiredja agar mengibarkan Bendera Merah Putih di Tangsi Penggorengan pada tanggal 16 Agustus 1945 sebelum kemerdekaan diproklamirkan pada tanggal 17 Agustus 1945 (di kemudian hari pada acara serasehan Organisasi P.S Partisan Siliwangi) penulis pernah membawa Bendera Merah Putih tersebut dari kediaman Brigjend. TNI (Purn) H.sadikin MN, mantan Panglima Divisi III Siliwangi di gedung Konstituante Bandaung pada tahun 1970, saya diperintahkan memasangkannya diruang sidang.

 

Setelah Proklamasi Kemerdekan RI tanggal 17 Agustus 1945 diproklamirkan oleh kedua Tokoh Proklamasi Bung Karno dan Bung Hatta, Perkumpulan P.S Pencak Silat dibentuk menjadi Laskar Pejuang Pencak Silat oleh Rd Ama Peradiredja dan masih tetap dipimpin oleh beliau serta dibentuk regu regu kelompok dipimpin langsung oleh kelompok regu-regunya yang sudah menjadi andalan dengan julukan Ketua-ketua yang membawahi regu-regu kelompok untuk maju ke front terdepan bersama-sama dengan lascar-laskar pejuang ari bebarapa organisasi perjuangan, diantaranya :

Laskar Sabililah/Hisbulloh

Laskar P.S Haji Darip

Lascar Rakyat Rombongan Jakarta Raya

PESINDO, Dsb

 

Setelah terbentuknya Badan Kemanan Rakyat (BKR) dan kemudian Tentara Kemanan Rakyat (TKR). Laskar Pejuang P.S Pencak Silat tetap ada pasukan khusus tetap berada do front terdepan pada pertempuran diCakung- Keranji-Karawang, jawa Barat. Korban yang gugur dalam pertemputran tersebut berjumlah 11 orang dan dimakamkan di Taman Pahlawan karawang – jawa Barat

Dari Laskar Pejuang P.S. Pencak silat, Rd Ama Poeradiredja tetap didampingi oleh Mayor sadikin dan Kapten Darsono, saat itu Mayor sadikin sudah menjadi Komandan batalyon 2 Resimen V, berkedudukan di Cikampek dan Kapten Darsono menjadi Kompandan Kompi Batalyon 2 dan banyak juga lascar Pejuang P.S. Pencak Silat bergabung menjadi Tentara Kemanan Rakyat (TKR) dan disempurnakan dengan nama Tentara Republik Indonesia (TRI).

 

Pada saat itu Mayor Sadikin sudah menjadi Komandan Resimen V-VI menggantikan Letkol. Suroto Kunto sebagai Komandan Resimen VI( yang diculik) dan Kapten darsono menjadi Komandan batalyon

Kelaskaran P.S.Pencak Silat sebagai pejuang Kemerdekaan RI tetap menyusun kekuatan ditiap tiap daerah sampai adanya perundingan antara pemerintah Indonesia dengan Pemerintah Belanda yang dikenal Konfrensi Meja Bundar yang mengakui Indonesia menjadi Negara Republik Indoneisa Serikatdan diakui Dunia Internasional.

Pada akhir tahun 1949sudah mulai adanya pernerbitan dikalangan TNI dengan diadakannya rasionalisasi Besara-besaran terutama dikalangan TNI serta adanya perampingan dan mereka dikembalikan kemasyarakat tanpa adanya penampungan khusus dan tidak ada jaminan masa depan hidupnya, kembali ke induk Organisasinya masing-masing.

7. Sebagai tambahan untuk menjelaskan siapa Tokoh pergerakan dan yang membantu Rd. Ama Poeradiredja dari jaman penjajahan Belanda sampai penjajahan Jepang hingga Indonesia merdeka, maka saya sebutkan nama-nama tokoh dan Murid-murid beliau

Bersambung ……

14 Comments Add your own

  • 1. psi  |  December 1, 2008 at 12:18 am

    sejarah psi- nya tolong lanjut…..

    Reply
  • 2. M.BADRI MAULANA YUSUF  |  September 3, 2009 at 8:49 am

    tolong lebih di perbanyak lagi gambar pejuang siliwangi (by pejuang siliwangi banten)

    Reply
  • 3. M.Fatkhuroji  |  June 6, 2010 at 7:42 pm

    Kapan Buat Acara Lagi… Tlong Donnk Logo Serta Gambar gerakan PS nya..(By.pejuang siliwangi jakarta)

    Reply
  • 4. nandang.lesmana  |  February 28, 2011 at 7:36 am

    tlong donk klo bisa di perbnyak lagi sejarahnya ………..

    Reply
  • 5. Eva Veronica Chaptoen  |  June 11, 2011 at 4:46 pm

    kta sy sudah habis masa berlaunya kemana yg perpanjangnya ?

    Reply
  • 6. relis  |  February 25, 2012 at 7:13 am

    maaf pak…saya mau tanya,,,kalo untuk padepokanya,masalah tingkatan urutan sabuk nya bagaimana ya…untuk tingkat dasar warna apa dan selanjutnya apa??…trimakasih

    Reply
    • 7. deden jatnika  |  July 8, 2013 at 6:48 pm

      relis@ kalo di padepokan jatisari karawang tidak ada yang namanya kenaikan sabuk atau tingkatan,karena yang di utamain dari paguron adalah pengamalan ilmu ( pembinaan bathin dan moral )bukan hanya semata-mata kemampuan beladiri fisik semata..

      Reply
  • 8. jakur  |  April 30, 2012 at 5:17 am

    TOLONG DI PERBAIKI JUDUL DARI SILIWANGI INDONESIA….JAYA TERUS SILIWANGI INDONESIA…

    Reply
  • 9. jakur  |  April 30, 2012 at 5:20 am

    adakan pencak silat di jakarta berbasis SILIWANGI INDONESIA…TERIMA KASIH..

    Reply
  • 10. DENNY.S  |  April 9, 2013 at 3:58 am

    YTH,, PEMBAWA CERITA INI, JANGAN SEPOTONG -SEPOTONG, SAMPAI SELESAI, AGAR SEJARAH INI MENJADI TAULADAN BAGI GENERASI PENERUS, PERJUANGANNYA.

    Reply
  • 11. DENNY.S  |  April 9, 2013 at 4:02 am

    SALAM PERJUANGAN.. SEMOGA SAJA CERITA DAN PERJALANAN PARA PEJUANG, AKAN MENJADI LEBIH MANTAP. DAN TETAP MELANJUTKAN NILAI-NILAI KEJUANGAN, DALAM KERANGKA BHINEKA TUNGGAL IKA. TUK MENGAWAL NKRI. SEMANGAT JUANG YG TAK KUNJUNG PADAM. ESA HILANG DUA TERBILANG. SILIH ASIH- SILIH ASAH.- SILIH ASUH. SILIHWANGI. DENNY SYAEFUDDIN. SIJAGAD PUTRA SILIWANGI.

    Reply
  • 12. M.Ridwan Anas  |  April 24, 2013 at 7:05 am

    info nya bermaanfaat banget buat pengetahuan warga negara Indonesia,tolong lanjutin dong dari sabungan sejarah nya..!
    Thank: By.Pejuang Siliwangi Bekasi

    Reply
  • 13. M sajali  |  November 2, 2013 at 5:21 am

    Maju terus pejuang siliwangi.

    Reply
  • 14. sofian  |  November 10, 2013 at 4:10 pm

    ass wr wb,
    mhn sambungannya d lanjutin,,, wasalam
    (PS Depok )

    Reply

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Trackback this post  |  Subscribe to the comments via RSS Feed


Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: